10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Lalat Rumah

Serangga Hutan - Inilah serangga yang sering hadir tanpa di undang, lalat rumah, Musca domestica


Fakta Unik dan Menarik Seputar Lalat Rumah -  Ciri Serangga
lalat rumah, Musca domestica
1. Lalat hidup hampir di semua tempat yang ada manusianya.
Tempat hidup lalat tampaknya mengikuti keberadaan manusia.  Dimana ada manusia di situ ada lalat rumah.  Lalat rumah dapat ditemukan dihampir seluruh penjuru bumi kecuali Antartika.  Lalat rumah jarang ditemukan di tempat-tempat yang tidak ada manusia. 

2. Usia lalat rumah relatif muda
Fosil lalat tertua ditemukakan berasal dari periode Permian, sekitar 250 juta tahun yang lalu. Fosil lalat rumah tertua ditemukan berusia 70 juta tahun. 

3. Masa hidup lalat rumah sangat pendek
Jika kondisi tempat hidupnya menunjang dan tidak dimakan oleh predator, lalat rumah dapat hidup selama 6 hari. Dalam usianya yang pendek lalat rumah betina akan menghasilkan 3000 butir telur yang akan menetas setelah 14 hari.  

4. Lalat rumah tidak suka terbang jauh
Walaupun kepakan sayapnya mencapai 1000 kali permenit, lalat bukan serangga yang suka terbang jauh atau penerbang yang cepat. Kecepatan terbang lalat rumah sekitar  7.2 km/jam. Di daerah perkotaan dengan sampah, kotoran, sisa makanan, manusia mudah ditemukan, daya jelajah lalat sekitar 1000 meter, berbeda dengan diluar kota daya jelajah dapat mencapai 11.2 km.

5. Lalat rumah hidup dari kotoran.
Sumber makanan lalat adalah sampah, kotoran hewan, sisa makanan, limbah atau bahkan makanan/minuman dirumah yang tersaji untuk kita santap. 

6. Makanan lalat rumah berbentuk cairan
Bentuk mulut lalat seperti spon yang berfungsi untuk menyerap  cairan makanan, lalat tidak dapat menkonsumsi makanan padat. Apabila menemukan makanan padat lalat akan mengubahnya menjadi cairan dengan memuntahkan  enzim volidrop diatas makanan padat tersebut. 

7. Lalat rumah merasakan makanan dengan kakinya 
Saat kaki lalat menginjak sumber makanannya, lalat merasakan apakah makanan itu lezat atau tidak. Chemosensilla atau indera perasa lalat terletak di ujung kakinya. Itulah sebanya kenapa lalat sering terlihat sedang berjalan di atas makanan, meraka sedang merasakan makanannya.

8. Dapat menularkan bebagai jenis penyakit
Inilah hal mengerikan dari lalat rumah. Lalat rumah berkembang biak ditempat-tempat yang kotor, lalat lain mendarat di atas sampah, kemudian terbang ke rumah dan berjalan diatas makanan kita. Kakinya sudah penuh dengan bakteri/kotoran dan itu ikut memenpel ke makanan kita.

Lalat rumah diketahui dapat menularkan setidaknya 65 penyakit, diantaranya kolera, disentri, diare dan tifus.

9. Lalat rumah dapat berjalan dengan posisi terbalik
Pernah melihat lalat berjalan-jalan dilangit-langit rumah, itulah kelebihan lalat. Kaki lalat memiliki memiliki semacan cakar dan dapat mengelurkan zat lengket sehingga bisa menempel pada hampir semua jenis permukanaa

10. Sering buang air/kotoran,
Makanan lalat berbentuk cairan, sehingga proses perncernaan berlangsung cepat. Hal ini menyebabkan lalat harus sering mengeluarkan cairan/kotoran sisa makanannya.

Itulah 10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Lalat Rumah, semoga bermanfaat

sumber: www.thoughtco.com