Bagaimana Peranan Serangga Dalam Kehidupan Manusia?

Serangga Hutan -  Bagaimana peranan serangga dalam kehidupan manusia?. Berikut beberapa peran menguntungkan serangga dalam hubungan serangga dengan manusia

1. Membantu proses penyerbukan (pollinator)
Serangga mengunjungi bunga untuk mendapatkan nektar. Tepung sari yang lengket akan menempel pada kaki atau tubuh serangga, selanjutnya tepung sari akan menempel pada putik bunga lain. Inilah peran serangga di bidang pertanian/perkebunan yang sangat penting. Tanpa bantuan serangga beberapa tanaman mungkin akan gagal berbuah. Penyerbukan oleh serangga disebut entomofili.

Baca juga: Jenis-jenis serangga yang membantu proses penyerbukan


2. Sebagai pengurai zat-zat organik atau dekomposer
Serangga mempunyai peran yang sangat penting dalam proses dekomposisi atau pengurai zat-zat organik. Rayap berperan penting menguraikan kayu dan bahan-bahan dari tumbuhan lainnya, sehingga zat-zat organik pada kayu diurai dan dapat digunakan kembali. Walaupun hal ini sangat merugikan apabila menyerang properti rumah. 


Peran rayap sebagai serangga dekomposer
Rumah Rayap, serangga dekomposer | pixabay
Kumbang tinja, berperan penting menguraikan kotoran-kotoran hewan di padang rumput. Serangga juga berperan menguraikan bangkai hewan-hewan di alam liar, sehingga alam tetap "bersih".

Serangga dekomposer merubah bahan-bahan organik menjadi bahan-bahan anorganik yang diperlukan oleh tumbuhan.

3. Musuh alami hama tanaman
Beberapa serangga sumber makananya berupa serangga lainnya. Baik bersifat predator atau langsung memangsa serangga lainnya atau bersifat parasit yaitu serangga yang hidup atau berkembang dalam tubuh serangga lainnya. Bagi petani serangga jenis sangat membantu mengurangi hama tanaman. Serangga-serangga ini berfungsi sebagai pengendali populasi, sehingga terjadi keseimbangan alam.

4. Penghasil barang-barang yang berguna
Serangga banyak menghasilkan bahan-bahan yang sangat dibutuhkan manusia. Lebah menghasilkan madu, royall jelly. Lak bahan pembuat pernis dihasillkan oleh Kerria lacca. Kain sutra dihasilkan dari kepompong ulat Bombyx mori.


Kain sutra dihasilkan oleh ulat Bombyx mori
Kain sutra berasal dari Kepompong Ulat Sutra | pixabay
5. Sebagai bioindikator suatu lingkungan
Sebagai bioindikator serangga berguna untuk mengetahui kesehatan atau kualitas suatu ekosistem atau lingkungan. Serangga berguna sebagai bioindikator karena serangga sangat sensitif terhadap perubahan ekosistem yang ditempatinya. Serangga yang hidup di air digunakan untuk mengetahui kondisi pencemaran air pada suatu tempat, misalnya Capung.


Keberadaan Capung berguna untuk mengetahui kondisi ekosistem air
Capung berguna untuk mengetahui kualitas ekosistem perairan | pixabay 
6. Sebagai sumber makanan
Kebiasaan memakan serangga terdapat di hampir semua negara, terutama oleh penduduk lokal. Di Papua larva kumbang sagu merupakan salah satu menu favorit, belalang kayu merupakan lauk yang lezat bagi masyakat Gunung Kidul.

Demikian peranan serangga dalam kehidupan manusia.