Rayap - Serangga Pekerja Keras

Mengenal Serangga Rayap

Serangga Hutan - Ratusan ribu rayap dapat hidup bersama dalam satu sarang. Ratu rayap menghabiskan hidupnya hanya untuk bertelur. Telur menetas menjadi pekerja yang akan melayani ratu, merawat telur, mencari makanan, menjaga sarang dan tugas-tugas lain.

Fundukan sarang raya
Gundukan sarang rayap bisa mencapai 9 meter | pixabay

Hal paling menakjubkan keluarga rayap saat mereka sedang membangun gundukan besar sarangnya. Ribuan rayap pekerja bekerja sama mengambil butiran demi butiran tanah dan membangun sarang yang dapat mencapai tinggi 9 meter.

Klasifikasi Rayap

Rayap masuk ke dalam ordo isoptera. Isoptera berasal dari bahasa Yunani yang artinya "sama" dan "sayap". Hal ini merujuk kepada rayap dewasa bersayap (alate) yang memiliki 4 sayap yang sama ukuran dan bentuknya,

Klasifikasi serangga rayap secara lengkap adalah sebagai berikut
Kingdom : Animalia
Phylum   : Arthropoda
Class       : Insecta
Order      : Isoptera


Ada lebih dari 2.000 berbagai jenis rayap yang dapat dibagi menjadi dua kelompok utama: Kelompok yang hidup di dalam kayu atau rayap kayu dan yang bersarang di tanah atau rayap tanah.
Ratu rayap mampu menghasilkan telur setiap tiga detik. Sebanyak 30.000 telur dalam sehari!

Siklus Hidup Rayap

Bayi serangga menjadi dewasa dengan dua cara: metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Siklus hidup rayap berkembang melalui metamorfosis tidak sempurna.

Ada tiga tahap kehidupan rayap yaitu telur, nimfa, dan dewasa. Telur menetas menjadi nimfa. Nimfa tampak seperti serangga dewasa tetapi tidak bisa be-reproduksi. Nimfa tumbuh menjadi tiga jenis: rayap pekerja, tentara, dan alate (rayap bersayap).
Rayap pekerja tidak dapat melihat. Mereka menggunakan indera penciuman dan sentuhan untuk mencari makanan
Tugas rayap pekerja adalah mendapatkan makanan untuk koloni mereka. Pekerja meninggalkan sarang untuk mencari bahan tanaman. Mereka tidak pergi sendirian. Beberapa nimfa telah menjadi rayap prajurit. Mereka memiliki mandibula (alat pada bagian mulut untuk menggigit - mengunyah) ekstra besar yang digunakan sebagai senjata untuk melawan musuh, seperti semut. Rayap prajurit ikut bersama para rayap pekerja untuk menjaga mereka.

Apakah rayap merugikan atau menguntungkan?

Apakah rayap merugikan atau menguntungkan?. Peran rayap bisa menguntungkan dan merugikan. Rayap sangat menguntungkan saat mereka menghancurkan pohon-pohon mati atau unsur tanaman di hutan, kebun atau pekarangan rumah, yang akan terus menumpuk kalau tidak ada yang menguraikannya.

Rayap menjadi hama dan merugikan bagi manusia saat mereka menyerang kayu-kayu bangunan atau properti berharga.

Comments