Mengenal Jenis-jenis Belalang dari Keluarga Acrididae

Deskripsi Belalang

Serangga Hutan - Sebagian besar belalang yang ditemukan di kebun, di taman, di pinggir jalan atau di padang rumput termasuk keluarga Acrididae. Kelompok ini terbagi menjadi beberapa subfamili.

Mengenal Habitat Belalang, Keluarga Acrididae
Mengenal Belalang, Keluarga Acrididae | pixabay.com

Ciri-ciri belalang keluarga ini panjang tubuhnya sangat bervariasi, berukuran sedang sampai besar, berkisar antara 1-8 cm. Warna tubuhnya kebanyakan berwarna abu-abu atau coklat, dan disamarkan dengan baik di antara tanaman tempat mereka tinggal.

Keluarga Acrididae mempunyai organ pendengaran yang terletak di sisi perut segmen pertama, dan ditutupi oleh sayap. Ukuran  Antena mereka cukup pendek, biasanya memanjang kurang dari setengah panjang tubuh belalang. Pronotum hanya menutupi toraks/kepala, tidak pernah melampaui bagian sayap.
Ciri Belalang Protonum hanya mencakup toraks
Protonum pada belalang | discoverlife.org

Klasifikasi Belalang

Klasifikasi belalang adalah sebagai berikut:
Kerajaan :  Animalia
Filum      :  Arthropoda
Kelas      :  Insecta
Ordo       :  Orthoptera
Keluarga :  Acrididae

Sumber Makanan Belalang

Sumber utama makanan Belalang adalah daun tanaman, bisa dilihat dari bekas gigitannya berbentuk gerigi tak beraturan. Ketika terjadi ledakan populasi belalang, belalang dapat menghabiskan rumput dan tanaman pertanian dalam wilayah yang luas. Ledakan populasi belalang dapat menimbulkan kerugian dalam skala besar.

Salah satu jenis Belalang yang sering merugikan pertanian/perkebunan di Indonesia adalah Belalang kembara Locusta migratoria manilensis Meyen. 


Serangan Belalang Kembara
Serangan Belalang Kembara | lontar.id

Siklus Kehidupan atau Metamorfosis Belalang

Belalang, seperti semua anggota ordo orthoptera mengalami metamorfosis sederhana atau tidak lengkap, siklus kehidupannya terdiri dari tiga tahap: telur, nimfa, dan tahap dewasa atau imago. Pada metamorfosis sederhana bentuk fisik atau morfologi belalang pada tahap nimfa dan dewasa tidak jauh berbeda. Pada kebanyakan spesies, belalang meletakan telurnya  di dalam tanah.

Persebaran atau Habibat Belalang

Terdapat sekitar 8.000 jenis belalang. Habitat Belalang hampir di seluruh permukaan bumi kecuali kutub utara dan selatan. Belalang ​​menghuni padang rumput, hutan atau bahkan vegetasi air.