Jenis-jenis Serangga yang Ikut Berpuasa

Serangga Hutan - Puasa ternyata tidak hanya dilakukan oleh manusia, beberapa jenis hewan termasuk serangga juga melakukan puasa. Tentunya tata cara puasa yang dilakukan oleh serangga berbeda dengan manusia. Puasa pada serangga adalah proses yang harus dilakukan untuk menyempurnakan siklus hidupnya. Tanpa berpuasa ulat tidak akan berubah menjadi kupu-kupu, belatung tidak akan berubah menjadi lalat

bentuk pupa lalat - serangga yang berpuasa
bentuk pupa pada lalat | wikimedia.org
Tidak semua jenis serangga berpuasa. Dalam siklus hidup serangga, puasa terjadi saat serangga berada pada tahapan pupa atau kepompong. Pada tahap ini serangga tampak seperti mati, padahal proses metabolisme tetap berlangsung, terjadi proses pertumbuhan dan pembelahan sel. Tahap pupa tejadi pada jenis serangga yang bermetamorfosis sempurna.

Lamanya puasa pada serangga tergantung jenis seranggan juga kondisi lingkungan sekitarnya. Kepompong Kupu-kupu berpuasa antara 7-20 hari; Pupa lalat berpuasa selama sekitar 12 hari; tahap puasa pada lebah bervariasi tergantung jenisnya, lebah pekerja 13 hari, lebah pejantan 15 hari dan ratu lebah 8 hari; Kepik sekitar 14 hari. Di daerah subtropika serangga berpuasa lebih lama mencapai 3-6 bulan.

Comments