Serangga-serangga Yang Pernah Diluncurkan Ke Luar Angkasa

Serangga Hutan - Tidak hanya manusia, serangga juga pernah dikirim ke luar angkasa. Serangga merupakan hewan pertama yang dikirim ke luar angkasa.

1. Laba-laba
Arabella dan Anita, sepasang Laba-laba jenis Araneus diadematus meluncur ke luar angkasa pada tahun 1973 bersama dengan Skylab 3.


Arabella dan Anita; Laba-laba yang dikirim ke luar angkasa
Arabella dan Anita sepasang Laba-laba yang dikirim ke luar angkasa | NASA

Misi ini untuk mengetahui perbedaan antara jaring laba-laba di luar angkasa dan di bumi. Arabella dan Anita berhasil membuat jaring, yang menyedihkan keduanya mati karena dehidrasi.

Dalam kondisi mikro-gravitasi (gaya gravitasi sangat lemah) Laba-laba memiliki kesulitan saat membuat jaring yang simetris. Jaring-jaring yang dihasilkan, diketahui jaring tersebut lebih halus daripada ketika berada di bumi.

2. Lebah Madu
Pada tahun 1984, NASA mengirim 3500 ekor ke luar angkasa. Tujuan eksperimen ini untuk mengetahui bagaimana cara lebah membuat sarang di luar angkasa dan untuk membandingkan struktur sarang lebah yang dibuat oleh lebah yang berada di bumi.

Hasil penelitian ternyata lebah mampu membuat sarang dan strukturnya persis sama dengan dengan sarang lebah di bumi.

3. Semut
Sekitar 800 ekor Semut dikirim oleh NASA ke ISS. Tujuan pengiriman Semut ini untuk mengetahui perilaku Semut dalam kondisi mikro-gravitasi, bagaimana cara semut bekerja dan berinteraksi?.

4. Lalat Buah
Lalat buah adalah serangga sekaligus hewan pertama yang dikirim ke luar angkasa. Dikirim bersama dengan peluncuran roket V-2 oleh Amerika Serikat pada tahun 1947. Roket mencapai ketinggian 109 km.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek radiasi pada ketinggian. Lalat buah kembali dalam keadaan hidup.

Pada tahun 2006 NASA kembali mengirimkan Lalat ke luar angkasa dengan pesawat ulang-alik Discovery.

5. Ulat Sutera

Para peneliti dari Universitas Beihang China menyarankan Ulat sutera sebagai sumber makanan dari serangga di luar angkasa. China bahkan berencana menumbuhkan ulat sutera di sisi gelap bulan.

Comments