Jenis Serangga Apa Saja yang Dapat di Makan ?

Apakah serangga dapat dimakan?

Serangga Hutan - Jawabannya YA, serangga jenis tertentu dapat dimakan. Bagi yang belum terbiasa makanan dari serangga akan terlihat menjijikan. Akan tetapi di banyak negara termasuk Indonesia serangga menjadi sumber makanan penting dan popularitasnya terus meningkat.

Awal tahun 2015 FAO mengeluarkan laporan bahwa serangga merupakan makanan potensial manusia di masa depan. FAO bahkan mengeluarkan aturan memakan serangga yang disebut Entomophagy– National Geographic 

Mengapa mereka memakan serangga? Karena serangga mengandung banyak gizi yang bermanfaat, kaya kandungan protein, lemak, vitamin, dan mineral. 

Sebagi contoh belalang. Menurut ahli ilmu gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Ahmad Sulaiman, belalang mengandung beragam jenis nutrisi penting seperti, protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral. Belalang yang masih segar, kandungan proteinnya mencapai 20 persen,  sedangkan yang kering sekitar 40 persen– Kompas 

Serangga apa saja yang dapat dimakan
Aneka serangga yang dapat dimakan |climatetracker.org

Jika sebelumnya kamu pernah memakan serangga dan tidak menyukainya, pertimbangkan untuk mencoba lagi. Jika sama sekali belum pernah memakannya, berikut adalah daftar serangga yang pantas dicoba.

Belalang dan Jangkrik
Terdapat sekitar 2000 spesies serangga yang dapat dimakan, namun belalang dan jangkrik termasuk yang paling sering dimakan. Mereka bisa dimasak dengan digoreng, dipanggang, direbus, atau ditumis. 


Jangkrik yang diproses menjadi Tepung Jangkrik
Tepung yang berasal dari Jangkrik  | pixabay.com
Di Gunung Kidul -Jogjakarta pada musim-musim tertentu banyak dijajakan belalang di pinggir-pinggir jalan.


Penjual Belalang di Gunung Kidul Jogjakarta
Belalang di pinggiran jalan Gunung Kidul | seputarmanusia.wordpress.com
Ulat Mopane 
Ulat adalah bentuk tahapan larva dari ngengat dan kupu-kupu. Ulat mopane dalam proses metamorfosis akan berubah menjadi Gonimbrasia belina. Salah satu jenis spesies ngengat kaisar yang berasal dari Afrika bagian selatan. Ulat ini memiliki kadar besi tinggi 31-77mg / 100g (dibandingkan daging sapi  6mg/ 100g). Di sebut Ulat Mopane karena sumber utama makanan mereka adalah daun pohon mopane. Di negara Zimbawe ulat Mopane merupakan sumber gizi dan kehidupan bagi banyak orang.  


Ulat Mopane termasuk serangga yang dapat dimakan
Ulat Mopane - Kuliner ekstrem dari Afrika |swaliafrica.com
Ulat Sagu
Di Indonesia ulat sagu banyak dikonsumsi oleh masyarakat Papua. Ulat sagu banyak ditemukan pada botang pohon sagu yang sudah lapuk

Mealworms atau Ulat Hongkong
Ulat Hongkong terkenal sebagai pakan burung. Kandungan nutrisinya mirip dengan daging sapi. Untuk konsumsi manusia, mealworm bisa digiling menjadi bubuk atau dipanggang, digoreng atau ditumis. Rasanya seperti udang daripada daging sapi. Mealworm adalah bentuk larva  dari Tenebrio molitor

Berbagai Jenis Semut
Semut termasuk sumber makanan lezat yang sangat berharga. Semut lemon dari hutan Amazon katanya memiliki cita rasa lemon. Semut pemotong daun dikatakan rasanya seperti bacon. Semut Honeypot dimakan mentah dan rasanya manis. Semut dewasa, larva, dan telur semuanya dapat dimakan. 

Tawon dan lebah

Tawon dan lebah juga termasuk serangga yang juga dapat dimakan. Serangga lainnya capung, jangkrik, larva lebah, dan kecoak

Kebanyakan serangga aman untuk dimakan, namun apabila kita mencari sendiri serangga yang akan dimakan, inilah ciri-ciri serangga yang harus dihindari:



  • Serangga yang berwarna cerah. Warna cerah pada hewan-hewan kecil umumnya adalah peringatan bagi pemangsa bahwa tubuh mereka beracun. 
  • Serangga yang berbulu. Mungkin ada sengatan beracun yang terletak pada daerah bulu.
  • Serangga yang berbau tajam.

Selamat makan serangga